Pages

Monday, April 11, 2011

Pertama Kali Pake OS Berbasis GNU Linux

Gak kerasa, udah 3 tahun gw pake GNU Linux, waktu itu gara2 punya netbook super lemot acer aspire one a110 yg versi Linux, so default OS nya Linux, lupa distro-nya apa namanya.

Speknya Intel Atom generasi pertama yg N270, RAM cm 1 GB n gk bisa dual channel pula nih RAM, tp bkn komponen utama(CPU n RAM) yg bikin tuh laptop lemot, tapi harddisk-nya yg ternyata cm memory sejenis flashdisk yg berkapasitas 8GB dan kemampuan Read-Write-nya very poor banget dah..

Dah gitu tuh OS bawaanny buset gk bisa dibuat apa2 n gk eye catching sama sekali, paling cm utk task2 sedehana macem ketik2 kebutuhan office n dengerin MP3. Disini gw nyoba ganti ke windows XP, yah gw saat itu adalah org Indonesia yg umum sekali sebagai pengguna produk bajakan, tp FAIL, lalu gw coba ganti ke windows 7(yah bajakan lagi) n sama FAIL.

Yah FAIL, krn ternyata windows terlalu bnyk Read-Write ke harddisk, dan harddisk gw lemot puoooll, jd tuh LED indicator nyala terus n gk bisa dipake sama sekali tuh netbook jadinya.

Kemudian gw tny ama mbah Google seputar problem solving utk masalah ini, dan membawa suatu pencerahan utk menggunakan Linux pada laptop lemot ini, wah sial mana gw gk bisa Linux lg, iya kalo gw anak Informatika atw sebangsanya bakal no problem dah utk bljr OS ginian. Maka keyword selanjutnya yg gw tny ke mbah Google adlh Linux for Newbie Dumies... wkwkwkwk... Dan si mbah jawab "Ubuntu"...

Baca2 sana sini di internet utk install Linux... Dan akhirnya netbook gw yg lemot itu ternyata bisa running normal pas pake Ubuntu GNU Linux...

Waktu itu jg bnyk2 coba distro Linux lainnya, macem Fedora, PCOSLinux, OpenSuse, Mandriva, tp kayakny yg buat nubitol Linux itu Ubuntu deh...
Karena Ubuntu yg ternyata basisnya dari Debian, bisa bikin "everything just works" krn Ubuntu yg paling up to date dlm hal kompatibilitas hardware...

Mulai saat itu hingga kini, gw menemui banyak fakta yg ternyata teknologi windows yg sifatnya proprietary gak ada apa2nya kalo seandainya vendor2 hardware memberikan full support ke Linux...

Sampai saat blog ini gw tulis, gw lg pake Firefox 4 di Ubuntu Lucid Lynx 64 bit 10.04 eit tapi dengan laptop yang berbeda... Yah gw dah ganti pake Acer Ferrari One(gw namain fera) skr...

OS bawaannya yg orisini(cieh ori) tetep gw simpen, for just in case kalo ada software yg reseh cm ada utk windows...

No comments:

Post a Comment